Kamis, 05 September 2024

Kyai Garudo Ban'nya Mbledos

Suatu ketika Kyai Garudo punya masalah di ban depannya yang sebelah kanan. Rasa-rasanya pas dibawa jalan kok agak aneh. Seperti nyusruk-nyusruk dan suaranya grosak-grosak. Torsi'nya juga terasa lebih berat dari biasanya. 

"Mohon di sorry yaa....Kyai...!" 
Saya tepuk-tepuk stri'nya. Berhubung iqamat sudah dikumandangkan, tetep saya paksakan Kyai Garudo untuk berjalan. 
Selesainya sholat saya lihat dengan seksama ban depan sebelah kanannya.
Jebul kok ban'nya mbledos alias meletus. 

Ban serep segera saya ambil. Dongkrak saya pasang. Pas saya mau melepas baut di ban, disitulah saya tersadar bahwa saya ini lelaki yang pekrok. 
"Weleeeeh... piye iki ? "
Tetep saya mau berusaha semaksimal mungkin. Saya injak sambil berdiri, saya encot-encot berkali-kali. Baut itu tetep tidak mau bergeming. 

Nah disitulah, langsung saya cari bantuan terdekat. Dapatlah temannya Muhammad Alum, yang sudah pernah saya tanyakan namanya tetapi saya lupa lagi. 

"Leeek (*Paman ; dalam bahasa jawa).... tolong saya dibantu ..!"
Dengan bahasa tarsan yang mahir dan elokm saya coba jelaskan, tetep tidak mudeng juga. 
"Wis pokoknya ayooo Leeek... ikut saya, ...!"
 
Dengan tenaganya yang dua kali lipat dari tenaga saya. Dia encot-encot berkali-kali. Masih juga tidak bergerak bautnya. 
Dia pun hampir menyerah.
"Sik...sik ... Leeek...!
Kita coba sekali lagi."

Saya rubah posisi kuncinya sedikit. Nah di percobaan terakhir inilah, bautnya mulai bergerak. 
"Alhamdulillah...!"

***
Kini Mohammad Alum sudah pindah, entah kemana. 
Termasuk juga temannya yang pernah membantu saya mengganti ban itu. 
Sehat-sehat terus yaa Leeek....!
Barakallahu fiikum

Jum'at, 06 September 2024
Sohar, Oman
Simon Dinomo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar