Cara kerja mesin mobil
Sewaktu mobil dinyalakan pakai kunci. Inilah yang sebenarnya terjadi pada
mobil. Ketika dirinci kira-kira begini :
· Untuk dapat beroperasi secara continue perangkat berikut haruslah bekerja berbarengan.
1. Pompa bahan bakar : untuk mensupply bahan bakar ke ruang bakar
Downstream dari pompa bahan bakar adalah injector. Yang akan mengontrol jumlah bahan bakar yang masuk ke ruang bakar, serta merubah dari liquid mjd spray untuk pembakaran yang lebih sempurna.
2. Air intake akan mensuplay udara ke ruang bakar, bila tanpa menekan pedal gas, yang akan bekerja adalah system idle.
3. Untuk pengapian final elementnya adalah busi. Upstreamnya adalah igniter yang akan disuply energi listrik dari AKI (Battery) dan dikendalikan oleh ECU.
·
Saat awal start, berhubung alternator belum
berjalan, semua sumber energi untuk ketiga point di atas akan disuply dari
battery (AKI).
Untuk bisa menjalankan mesin di awal start dibutuhkan dynamo starter.
Dinamo starter akan engage dan memutar mesin sampai alternator bisa memproduksi
energi yang akan digunakan untuk men-charge AKI.
Setelah alternator bekerja dynamo starter akan disengage. Dan mesin sudah
bekerja secara terus menerus dengan sumber energi dari AKI yang sudah di supply
oleh alternator. Sehingga AKI tidak akan tekor meski mesin terus bekerja sampai
bensin habis.
He… 3x.
System – system lain yang bekerja di mobil adalah sbb :
- Cooling system : Radiator.
- AC system
- Power Steering
-
Gear Box convertion untuk mobil otomatis (Gear
Box + Kampas kopling utk mobil manual)
Sekian dan demikian
Falaj Al Qabail, Sohar, Oman
27 Agustus 2020
Tidak ada komentar:
Posting Komentar