Senin, 04 September 2023

Cerita Kehidupanku di Oman part 2

Kali ini aku ingin bercerita tentang jalanan dan mobil.

Jalanan di Sohar luas, meskipun yang terhitung service road. High way alias jalan tol bisa dilalui secara gratis. Di service road rata rata maksimum speednya 60 km/jam, sedang di high way rata-rata di 120 km/jam. Bila tertangkap kamera dalam over speed kendaraan akan dikenakan tilang secara otomatis sebesar 10 omr. Tilang tersebut bisa dibayar langsung melalui aplikasi di handphone.
Tempat parkir di tempat – tempat umum tersedia secara gratis yang juga sudah tertata dengan baik. Fasilitas lain seperti toilet di tempat umum juga baik dan juga gratis.Taman bermain, pantai , terjaga dan tertata juga secara rapi dan juga gratis.

Setiap mobil di Oman wajib punya asuransi. Untuk membeli mobil tentu saja sudah harus punya SIM. Nah ini dia, untuk memperolah SIM ada ceritanya tersendiri. Ceritanya sedikit panjang dan berliku.

  1. membuat buku khusus SIM di ROP (Kantor Polisi Oman)
  2. mendaftar di sekolah mengemudi biayanya 150 omr kontrak untuk 6 bulan. Kontrak ini meliputi signal test dan parking test. 
  3. sembari mulai latihan step pertama adalah signal test di kantor polisi, yang akan didaftarkan oleh si guru mengemudi.
  4. step berikutnya adalah parking test. Yang juga akan didaftarkan oleh si guru mengemudi. Parking test ini berisi parkir mundur dan melewati tanjakan. 
    Parkir mundurnya melewati drum yang ditata secara berjejer, ketika sudah mundur tidak boleh maju lagi. Bila menyentuh drum maka gagal. 
    Berikutnya ada tanjakan yang diberi lampu lalu lintas. Ketika di tanjakan diberi lampu merah sehingga harus berhenti. Saat berhenti ini tidak boleh sampai mundur. 
  5. Step terakhir adalah Road test. Bila kontrak biayanya 150 omr juga untuk 6 bulan. Sedang untuk harian biayanya 5 omr tiap setengah jam. 
    Saat test dengan polisi akan membayar 5 omr ke kantor polisi. Testnya sendiri didampingi oleh polisi dan guru mengemudi mutar mutar di jalan raya mengikuti instruksi polisi. 
  6. mengambil SIM biayanya seingatku 10 omr. Yang ini aku agak lupa. SIM ini di tahun pertama berlaku untuk satu tahun. Setelahnya berlaku selama 2 tahun. 
Begitulah, kembali lagi ke mobil. Biaya asuransi mobil tergantung dari tipe mobil , model tahun, dan jenis asuransi yang diambil. Setelah punya asuransi tinggal mencetak kartu mulkiya. Yaitu semacam STNK kalau di indonesia. Untuk menerbitkan kartu mulkiya terakhir kali membayar 28 omr ke kantor polisi. Pembayaran bisa di kantor polisi atau lewat aplikasi. Pencetakan kartu bisa datang ke kantor polisi atau di mesin cetak yang tersedia di supermarket. Biaya pencetakannya 1 omr. 

Haga bahan bakar, untuk bensin type 91 seharga 0.229 omr, setara 9.000 rupiah. Bensin type 95 seharga 0.239 omr, setara 9500 rupiah. Biaya cuci mobil 1.5 omr setara 60.000 rupiah. 

Itu adalah sekelumit gambaran, dari pengalaman saya. 

Sohar, Oman
Rabu, 05 September 2023
Simon Dinomo



Tidak ada komentar:

Posting Komentar