Jumat, 12 Januari 2024

Fitur - Fitur di Procreate

1. Alpha Lock :
    Alpha Lock/Mask/Clipping Mask: 
    Secara umum ketiga fitur di atas adalah untuk mengolah sesuatu yang sudah berwarna. Bila suatu gambar belum ada warna dasarnya fitur tersebut belum bisa digunakan. Ingat hanya berlaku jika ada warna dasarnya. Dengan kata lain ketiganya adalah metode untuk menutup warna asli dengan topeng warna lain sesuai keinginan. 

    - Alpha Lock : berfungsi untuk mengunci bidang warna yang ingin diolah. Jadi tidak perlu khawatir pengolahan warna akan melebihi garis batas. 

2. Mask :
    - berfungsi untuk menutup warna yang ingin diolah. Opsinya hanya ada 3 hitam, putih, dan abu-abu (tengah-tengah). Hitam untuk menutup (total transparan : warna asli akan tertutup oleh topeng transparan), putih untuk menghapus tutupan dari hitam (menghapus mask), abu-abu untuk memberi topeng secara samar-samar (Partial transparan). Yang pada intinya hanya menutupi warna dasar.

3. Clipping Mask :
    - berfungsi untuk memberikan topeng pada suatu area/object. Dimana topeng warna tersebut bisa digeser geser sesuai keinginan. 

4. Lock side bar : 
    Untuk mengunci ukuran tertentu atau opacity tertentu. Bisa dilakukan dengan cara ketuk dua kali di size bar atau opacity bar. Kemudian ketuk tanda + di pojok atas. Hal ini akan memudahkan dalam penggunaan size atau opacity dengan settingan yang sama. 

5. Hand Gesture : 
    Undo : ketuk dua jari
    Redo : ketuk tiga jari 
    Copy dan paste menu : Tiga jari dari atas ke bawah
    Full size menu : ketuk empat jari

6. Colour dropper : 
    Ketuk menu colour dropper di menu samping, atau ketuk dan tahan di canvas kemudian arahkan ke warna yang dikehendaki. 

7. Drawing guide : 
     Action menu, pilih drawing guide kemudian pilih edit drawing guide. Akan muncul pilihan 2d grid, isometric, perpective, dan symmetry. Yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. 
    Cara mengaktifkan atau menonaktifkan drawing guide ini pilih layer drawing assist. Bila tercentang drawing assist aktif, bila tanpa centang drawing assist tidak aktif. 
    2d : Biasanya bisa dipakai untuk membuat grafik chart
    Isometric : untuk membuat isometric drawing tentu saja. 
    Perspektif : untuk membuat gambar tata kota, atau arsitektur. 
    Symmetry : untuk membuat pola pola batik dan lain lain. 

8. Page assist : 
    fitur yang ada : bisa menambahkan page/halaman. Pada halaman pertama ada opsi untuk mengaktifkan background atau menon aktifkan background. Ini hanya berlaku untuk halaman pertama saja. Caranya tinggal ketuk dua kali. Akan muncul page option. 
Penting : 
    Dengan fitur ini para youtuber bisa membuat cerita bergambar. Caranya bila sudah selesai pilih share, lalu pilih animated mp4 atau animated HEVC. lalu pilih frame per second. Yang bisa disesuaikan sesuai kebutuhan. 

9. Adjust Color and Effect :
    Yang menarik dan paling sering digunakan : 
       - Hue, saturation, Brightness
       - Gaussian Blur
       - Bloom
       - Halftone
 
10. Animation Assist :
       Cara untuk membuat animation di procreate. 
        - Pilih action, kemudian canvas kemudian animation assist. 

Dirangkum dari "Learning Procreate" oleh Karen Larson.
 
Jum'at, 12 Januari 2024
Simon Dinomo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar