Kamis, 07 Juni 2012

Teman ngisi master batch....


Dua hari ini kok saya itu ketemu terus sama master batch.
Dusil ...dusil...dusil... evernox.....evernox.....
Ha ketemu kok ya master batch begitu ya...mbok yang lain.... semacam nganu begitu.
“Eh kok senengannya nganu lho, gek nganu itu apa ?”
Nganu itu ya …. nganu.. pokonya ya nganu. Tidak ada kata yang lebih pas terdengar. Itu lho semacam yang bikin geeeerrrr.
“Wo es ….berarti, wong ketemu sama es saja kok lho senengnya sebegitunya..”
Weeee.... yo wes es yo tidak apa-apa. Dadi nganu itu ketemu sama es....
…...
Bener master batch itu mara'i roso, bisa buat fitnes kata teman-teman. Tapi kalau tiap hari ?
“Wong namanya fitnes kok, semakin sering kan berarti semakin bagus.”
Nyak...rupamu …. ! Nek ini ngapusi tenan. Master batch je.... kok tiap hari. Alasan ya boleh, ning nek katanya setiap hari ndak apa-apa. We lho kalau ini tentu bohong belaka. ha... 3x.
“Yo ...wes kalau gitu tak ganti. Wong namanya sudah kewajiban je. Kewajiban lho...ojo lali.”
Kewajiban ? ...hmmm...ya...yaa...ya... kewajiban.
…..
Ada yang istimewa saat mengisi master batch. Temanku ngisi master batch itu mempunya karakter yang hampir sama denganku. Seorang A-sosial, introvert, melankolik yang sempurna.
Orangnya kecil dan begitu pendiam. Ning sekarang sudah pinter ndagel, dengan aneka canda. Biar badannya kecil, ning roso tenan. Ha piye kadang-kadang  semua additive itu diprepare sendirian lho. Rak urik (*curang) tho ini namanya. SR formula lho ..
Mongsok additive yang total bisa 1,5-an ton itu diprepare sendirian. Opo ora hebat ?
Padahal sudah saya wanti-wanti
“Brother … kalau prepare additive jangan bersatu. Berdua saja. Nanti melet-melet lho...”
Ning kok tetep ngeyel, jian brother-ku yang ini gek mau-nya itu bagaimana... he...3x.
Saya itu merasa sangat bersalah, saya itu justeru sangat menderita. Ketika aku harus bersimaharaja lela, sedang brother-brotherku yang lain harus berbanting-banting.
Memang saya itu ndak terlalu kompeten untuk menjadi seorang leader. Tapi tetap saja saya diminta jadi leader karena pangkat paling betah saya di PT “T” itu.
Adalah saya ini seburuk-buruk leader jika aku hanya ber-enak-enakan sedang mereka yang dibawah ke-lead-an ku itu berjibaku tak kira-kira. Duh sungguh penderitaan tersendiri.
Tapi kok rasanya mereka kayaknya ndak mau kalau saya itu harus turut berjibaku begitu.
“Wes nanti sample kita bagi saja brother, biar saya ngambil yang jam pertama.”
Wah ndak usah....biar saya ambil saja. Brother suro stand by saja di tempat.
“Lho kenapa ? “
Ya ndak kenapa-napa.
“Wah lha ini berarti namanya budaya feodal... merasa hina pada atasan, harus merunduk-runduk pada atasan, nggih sendiko dawuh. Apa pun itu pokoke taat dan patuh sama atasan. Ini harus dibuang. Saya itu menderita kalo disuruh diam, sedang kulihat kalian berjibaku begitu. Wes sini biar jam pertama sample tak ambil. Ingat budaya feodal harus dibuang.”
Mendengar penjelasanku yang kedengarannya sangat intelek itu, brotherku hanya manggut – manggut saja. Padahal dalam tubuhku sendiri budaya feodal masih bercokol, masih dalam tahap penghapusan.

….
Suatu sore menjelang berangkat shift malam. Aku mengobrol dengan bapak tukang parkir Dunkin Donat cilegon.
“Berangkat mas ? “
He'eh pak....masuk malem.
“Kerjanya berat tho mas ? “
Ya... semua dikerjakan pak, mulai nyapu-nyapu, bersih-bersih, angkat junjung.
“Berapa paling berat yang harus dipikul tiap hari mas ? “
Ya paling beratnya 25 kg tiap bag tapi ada banyak pak, kadang bisa sampai 60 bag.
“Halah wong kayak begitu saja kok ya berat tho mas...hawong saya itu dulu pernah mengangkut karung semen satu truk sendirian lho.... itu cuma 25 kilo saja lho, kok ngeluhnya sudah ngaruworo (*bhs jawa : mengeluh keterlaluan). “
…...
Mulai saat itu aku tak terlalu menganggap master itu berat. Hanya 25 kg per bag. Ah ...it's easy.
Tiba-tiba terdengar suara diradio....
“Brother suro...coming...coming....”
Coming brother …
“Hari ini kita ngisi tiga … SR dua formula, ditambah 5301 AA, ngisinya mepet semua menjelang subuh...”
Oh...ok... It's easy brother.....
Waktu ngisi...kepala lier-lier menahan kantuk. Di belakang dua tumpuk additive masih menunggu.
Nafas sudah mulai tersengal-sengal, sambil terus membatin...
Dusil...dusil...dusil....

Jum'at, 08 Juni 2012
GSI Blok B.5, No. 10
Surapati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar