Jumat, 24 Februari 2023

Lereeen

Sudah hampir satu minggu ini tempat saya bekerja mengalami Lereen. Yang menurut jadwalnya kira-kira akan berlangsung satu bulan lamanya. Dalam pengalaman saya, mengalami Lereen yang total seperti ini saya alami dua kali saja. Pengalaman itu adalah kenikmatan yang besar, yang dengannya saya bisa bercerita.

Dalam fase leren itu artinya saya akan libur dari rutinitas saya untuk menguntal additive. Keseharian saya yang sudah berlangsung selama hampir 4 tahun terakhir ini. 
Bekerja disini kami dibantu oleh lima sekawan. Yang sering mengajak saya ngobrol banyak hal. 

"Bagaimana menurut kalian periode Leren di pabrik kita ini, bagus apa tidak ? enak apa tidak ? "
saya menanyakan kepada mereka. 
"Wah... enak Mon, kalo bisa sering ...sering lah leren yang begini".
"Woooo... dapurmu itu, lha kalo keseringan leren. Kalo pabriknya ora produksi, lha nanti nggak digaji kamunya dik ...sodik"

Kalo dipikir pikir, begitulah realita dalam kehidupan kita. Pokoknya yang penting itu adalah kepentingan pribadi, keenakan pribadi. Perkara orang lain mau modar, yaaa terserah saja, biarin saja, kalo perlu bisa sambil tepok tepok tangan sedikit. Sik penting pribadinya sendiri sudah mulyoo. 
Meskipun secara dalil yaa harusnya ndak begitu. 
Tapi secara realita manusia masih mempunyai sisa sisa kebinatangan dalam dirinya. 

Saya sangat bersyukur di tempat saya bekerja, saya dibantu oleh mereka berlima. Termasuk ketika nguntal additive.
Mereka bercerita kepada saya, tentang gaji mereka, fasilitas yang mereka dapatkan, tentang negara asal mereka, dan masih banyak lagi. 
Mereka berkerja dengan giat, dan cukup berat. Kadang mereka mengeluh kepada saya. Berkeluh kesah di belakang sambil ngopi adalah rutinitas dari wong cilik. Setidaknya bisa merelease segala penat dan beratnya beban yang mereka tanggung. 
Begitulah kehidupan harus terus berjalan, apa pun yang dihadapi oleh seorang pribadi. Roda kehidupan akan terus berjalan. 

Bupen, Biren, Anwar, Papu, Sarvan. 
Terima kasih banyak, sudah banyak membantu saya dalam pekerjaan saya. 
Dalam periode Leren kali ini mereka sangat berbahagia. Begitu pula saya, wong leren dari rutinitas nguntal additive. Wong namanya  juga Lereen Jeeee..
Alhamdulillah ....

Liwa, 24 Februari 2023
Simon Dinomo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar