Selasa, 15 Agustus 2023

Ibu Guru ....

"Biii... tadi temen-temenku diajari menulis huruf cina "
Si Mbak bercerita kepada saya. 
Tepat kemarin malam ibu gurunya memberitahukan bahwa pelajaran untuk besok adalah Hindi. Itulah yang dimaksud si mbak sebagai huruf Cina. 

Si Mbak melanjutkan ceritanya: 
"Tadi aku nangis Bii, temenku ada yang tidak mau menulis. Kemudian ibu gurunya marah-marah. Mejanya temanku dipukul pukul pakai penggaris. Sampai akunya takut dan kaget".
Lalu saya pun teringat saat saya masih sekolah. Sewaktu SMP ada ibu guru Amariah yang begitu ditakuti, sewaktu STM ada Pak Cahyo yang mengajar dengan gaya kolonial. 
Cerita kehidupan akan terus berputar.  

Lebih lanjut Si Mbak bercerita tentang temannya yang dihukum keluar kelas. Tentang sekolahnya yang setiap hari menulis terus, itu pun masih ada PR yang juga setiap hari. 
"Aku capek bii...disuruh menulis terus". Kata si Mbak. 
Tadi pagi sewaktu saya antar berangkat sekolah si mbak juga bilang ruang kelasnya yang juga panas dan sumuk meski AC'nya sudah diseting 16 drajat celsius. 

Pada akhirnya Si Mbak ingin berhenti sekolah, katanya ia lebih suka sekolah di Indonesia. Kelas online dari indonesia yang biasanya jarang ia ikuti, sekarang ini malah dinanti-nanti. 

Itulah yang namanya pengalaman hidup mbak. Segala susah dan jerih payah terkadang lebih membangun daripada segala bentuk kenyamanan. Setidak-tidaknya engkau akan bisa bercerita di kemudian hari. Tentang perjuangan, tentang masa sekolah, tentang sahabatmu, tentang kawanmu.  Tetaplah berangkat sekolah semampumu, semaksimal yang engkau bisa mbak. 

Perlahan Si Mbak juga mulai cerita tentang temannya Sarah, juga Almira. Juga temennya "Si Tas berwarna ungu", "Si Tas Gambar Ikan". 

"Tadi Mbak ngobrol nggak sama Bu Guru atau sama temennya ?"
"Nggak ...!"
"Trus Mbak ngapain saja di sekolah ?"
"Yaa cuman diam terus, sambil mantuk-mantuk".
"O.. Ya...Yaa !"
Ketika saya datang menjemput di sekolah Ibu gurunya mengakabarkan. 
"Sir, Salma never speak anything. She is quiet all of the time".
Dia adalah ibu gurunya Si Mbak, namanya Bu Manjusa. 
Jangankan kok Si Mbak. Lha wong saya saja kalau misalkan baru meeting begitu :
"Hey you... come here and explain ..!"
"Nganu Ser... ! I just push...push and pull the trolley. Ngono thok Seer...!"

Sedikit saya terbayang ... wajah ibu guru manjusa yang memukul-mukul meja. 
"Welhadalah...Hiii ....Sereeem !"
Beliau adalah ibu guru yang baik. Terima kasih Bu Guru, terima kasih Rays School, terima kasih semuanya. 
Sudah memberikan pengalaman kehidupan buat si Mbak. 

Selasa, 15 Januari 2023
Sohar, Oman
Simon Dinomo





Tidak ada komentar:

Posting Komentar