Kamis, 24 Agustus 2023

Tempat Kerjaku

"Mon ... gek iki piye Mon ...!"
Ketika kaum buruh itu ngumpul begitu ..nggersulo atau sambat, atau mengutuki kondisi yang ada menjadi tema yang lumrah adanya. 
Nah nggersulo saja dipikir pikir bukanlah suatu hal yang baik. Wong kasunyatanya keluar dari tempat kerja yang sekarang yoo belum berani. Cuma sambat saja terus, ntah itu sekolah yang tidak ditanggung, gaji yang dibanding-bandingkan dengan tempat lain, wis macem-macem pokoknya. 
Biar begitu budaya sambat itu ya perlu dijaga terus. Sambat, nggersulo, ngrasani kancani, ngrasai bos'nya, ... lha wong kesemuanya itu hiburannya wong cilik je. 
Sambil ngopi begitu, tambah mat nikmat jadinya. 
Sekiranya banyak dosanya semoga diampuni. 
Dalam rangka itulah kesempatan kali ini, ingin saya sebarkan kebaikan-kebaikan tempatku bekerja. 
Lha biar adil tho yo, mongsok jeleknya terus yang dibahas. Marilah kita mulai satu per satu : 

  • Ada Operator Shelternya, lengkap dengan fasilitasnya yang komplit.
    Komputer masing 2x orang kebagian,  layar lebar untuk nobar bola , sampai mesin pengering. Sak umpama musim panas tiba dan pada puncak humid, baju yang basah yaa tinggal dimasukin ke mesin pengering. 30 menit kemudian sudah kering lagi. 
  • HP boleh dibawa ke Operator shelter. Malah disediakan wifinya sekalian. 
  • Disediakan minuman kemasan 330 ml yang jumlahnya tanpa pernah diaudit.
    Jadi pas mau kerja di luar, tinggal ambil saja. Jangankan mau kerja wong mau pulang saja boleh dibawa lhoooo.
  • Ada penerbangan Direct Flight, yang sangat memudahkan kalau mau cuti. Sekali mabur dari jakarta ato muscat langsung sampai. Badan tidak begitu capek. 
  • Ketika musim kurma tiba, rutab (kurma muda) dengan kualitas terbaik dari tempat terbaik hampir selalu ada, dibawakan oleh kawan-kawan yang punya kebun. Rasanya krenyes-krenyes. 
  • Kopi dan teh juga hampir selalu ada setiap hari.
  • Untuk shift malam, disediakan makan malam secara gratis. Dengan susu, jus, yoghurt yang juga gratis, bisa ngambil untuk dibawa pulang yang juga tanpa ada audit. 
    Ketika bulan ramadhan tiba, untuk buka dan sahur juga disediakan secara gratis.
    Lha malah kawan-kawan saya itu membawa pulang untuk kucingnya dirumah. Sampai kucing dirumah saja kebagian lho ini. Opo ora hebat ?  
  • Adanya turnamen tenis meja, karambol, dan bioskop untuk mencegah rasa bosan. Di tempat kerja lho ini ...! 
  • Kadang-kadang nobar big match liga liga top dunia dengan layar lebar tho yooo. 
  • Terus nganu..., ketika bulan ramadhan tiba. Diberikan kemudahan untuk bisa menjalankan sholat tarowih berjamaah itu menjadi kenikmatan yang besar. Lha meskipun kami ini kerja shift, tetep ada sholat tarowih di pabrik. Malah kalau pas lagi tidak kelihatan di shelter, kawan-kawan akan mencari dan memanggil - manggil di radio. 
    Sholat tarowih di pabrik pun didirikan. Tanpa perlu mengatur orang untuk stand by. 
    Hebat tho ? Di pabrik lho ini.... petrochemical lho. Opo ora hebat ?
  • Akses untuk pulang sangat mudah. Residen ID, Company ID, Passport semuanya dipegang sendiri. Tidak perlu exit re entry visa. Wis pokoknya sewaktu-waktu tinggal beli tiket dan mak cuuus. 
  • Lha terus di dalam bekerja masih dibantu oleh helper. Banyak sekali pekerjaan yang mereka bantu. Tapi ya tidak bisa saya ceritakan detail disini tho yo... !
Njajal tempat kerja mana lagi bisa sedemikian rupa hebatnya. Dari sekian banyak kelebihan itu, rasa-rasanya begitu berat untuk meninggalkannya. Meski tidak menutup kemungkinan, akan tiba suatu masa untuk meninggalkannya. Tatanan perpolitikan dunia buruh selalu dinamis dan tidak bisa ditebak. Terima kasih tempat kerjaku. 

Alhamdulillah

Jum'at, 25 Agustus 2023
Sohar, Oman
Simon Dinomo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar