Minggu, 30 Juli 2023

Sekolah .....

Sekolah itu ada bermacam-macam dan beraneka ragam. Ada sekolah elit dan ada yang biasa. Ada yang biayanya mahal dan yang biasa. Sekolah itu bisa menjadi sarana pamer di berbagai kondisi baik bagi orang tua maupun bagi anak. Sekolah itu ... . (masih banyak lagi) !

Semenjak satu tahun yang lalu si mbak sudah mulai sekolah. Tahun yang pertama saya tidak terlalu ikut campur. Hasilnya tentu saja, dilaporkan bahwa Si Mbak belum bisa mengikuti pelajaran. 
Bahkan ketika ditanya sama ibu guru, si mbak katanya tidak sayang sama abi dan uminya. 

Tahun ini saya luangkan waktu lebih untuk menemani si mbak dalam belajarnya. Memang belajar itu berat, belajar itu tidak enak. Tapi bila tidak mau belajar akan menjadi bodoh, dan menjadi bodoh itu lebih tidak enak lagi.  Dengan beban belajarnya yang saya agendakan buat si mbak. Bisa saja si mbak makin tidak sayang sama saya.

Memang ada potensi bahwa saya melakukan itu karena untuk menghindari rasa malu, terhadap lingkungan, terhadap guru, terhadap komunitas, dll. Ketika ada obrolan bagaimana perkembangan anakmu ? Anakmu sudah bisa apa ? 
Paling tidak apa yang anak lain bisa si mbak juga bisa. 
Normalnya begitulah orang tua terhadap anaknya. Lalu apakah saya juga begitu ?  Bisa saja iya. Bisa juga tidak. 

Di dunia ini akan selalu ada berbagai sudut pandang yang berbeda. Meski bahasannya satu, ufuk pandangnya akan bermacam-macam. 

"Mbak suka sekolah atau tidak ?"
"Nggak...Biii!"
"Welhadalah... kenapa mbak ?"
"Aku maunya main terus biii....!"
"Maafkan abi ya mbak, Belajar memang tidak enak mbak.... mbak yang sabar dan semangat ya"
"Nanti dikasih hadiah bii ?"
"Iya... Insyaalloh. Terima kasih ya mbak sudah mau belajar sama abi. Terima kasih sudah mengajak abi ikut main bersama. Terima kasih sudah membantu menjaga si adik. Abi bangga sama mbak". 

Senin, 31 Juli 2023
Sohar, Oman
Simon Dinomo



Tidak ada komentar:

Posting Komentar