Kamis, 05 Januari 2023

Oglangan ... !

Semenjak saya pindah kontrakan yang sudah hampir satu tahun lamanya. Seingat saya baru kali ini mengalami yang namanya oglangan alias mati lampu yang cukup lama. 
Ketika itu sehabis makan siang, koneksi wifi tiba - tiba terputus. Yang pada awalnya saya kira cuma gangguan signal, atau ada masalah di router.  Jebul ternyata bukan itu masalahnya.
Lha wong di  routernya lampu indikatornya stop semua. 
"Wuedan, jebul ini itu oglangan tho ? "
Saya bergumam sendiri. 

Kejadian oglangan ini berakhir kira-kira pukul 16:30. Berarti perkiraan oglangan ini terhitung katakanlah 4 jam lamanya. Dan ini merupakan sebuah rekor. 
Sebetulnya kejadian oglangan itu yaaa, biasa saja. Akan tetapi bagi keluarga besar saya di Sohar. Kejadian yang biasa saja itu bisa meramaikan suasana. 
Lha buktinya ketika saya laporan ke whatsapp group keluarga besar saya di sohar. Suasana group langsung cair, banyak comment berdatangan. 
Dan bagi saya kalau bisa membuat senang sedulur saya, itu juga sudah merupakan kesenangan tersendiri. 

"Lapor sodara, dengan ini saya memberitahukan bahwa di kontrakan saya yang dekat kantor pos itu, yang di depannya ada tiang listrik yang agak miring itu,  sedang mengalami oglangan alias mati lampu. Laporan selesai."
Begitulah saya laporkan kejadian yang saya alami. 
Komen-komen yang panjang itu kalo saya ringkaskan jadinya begini : 

"Walah mon ... mon ... sudah ngontrak harganya mahal, lha kok masih mati lampu, mati air ... mesak-ne men tho mon... mon". 
"Hidupmu kok susah men tho mooon... mooon".
"Ujian kok ndak habis ... habis thooo Mooon....mon, tampangmu itu lho nganti ngenes tenan".

Begitulah komen - komen yang berdatangan. Yang saja jawab dengan santai, mengutip video yang viral di media sosial berbagai platform. 

"Lha wong namanya hidup yaa banyak ujian, kalo banyak cucian namanya loundy".

Alhamdulillah, sedulur - sedulur saya pada seneng, pada bahagia. Begitulah saya bacai kesemuanya dengan cekikikan. 
Saya pandangi, jalanan di depan kontrakan saya. Yang terang gemerlapan. Seperti dalam cerita Umar Kayam yang fenomenal itu. "Seperti kunang-kunang di Manhattan".
Minimarket 24 jam ada, loundry dekat, restarurant dekat, ada taman bermain yang bersih yang banyak bunganya yang toiletnya bersih yang ada tempat ngopinya, warung sate ? weleh..malahan ada dua. Masjid ada 2 yang semuanya ramai betul. Cuci mobil ? malahan ada 3. Semuanya pakai lampunya sendiri sendiri yang terang benderang. Masyaalloh wuellok tenan. Opo ora hebat ? 

Liwa, Sohar, Oman
04 Januari 2023
Simon Dinomo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar