Sabtu, 14 Januari 2023

Tetangga yang baik

Suatu waktu ketika saya sedang menggendong si adik yang sedang sakit, dia pernah memperkenalkan anak perempuannya. Dengan bangganya dia ceritakan bahwa anak perempuannya itu saat ini sedang belajar di Kanada. Yang karena sedang liburan dia mengunjungi orang tuanya. 
Mobilnya toyota camri, yang berwarna putih, yang dengan rajinnya hampir setiap hari dia cuci sendiri. Disampingnya terparkir mobil saya yang juga berwarna putih, hanya saja kalau mobil saya cukup jarang saya cuci. 

Koneksi internet di zaman sekarang ini menjadi kebutuhan yang primer. Wis pokoknya kalau tidak ada koneksi internet itu sangat repot dan merepotkan. Nah, semenjak kepindahan saya di kontrakan yang baru. Begitu saya lihat desain rumah tersebut yang sudah terintegrasi kabel LAN. Saya langsung request untuk ikut disediakan internet sekalian. Dan dengan seketika sang pemilik rumah langsung eksekusi. Jebulnya internet saya itu hasil sharing dengan tetangga saya atas instruksi dan koordinasi dari pemilik rumah.
Saya sangat terbantu sekali, meski tidak terlalu kencang kecepatannya, tapi sudah mencukupi untuk kebutuhan saya dan keluarga. Youtuban, video call, update software perangkat yang macam-macam itu. Semuanya sudah tercukupi. 

Saat sedang menjalani rutinitas hariannya, yaitu mencuci mobil petang hari. Dia menyapa saya, untuk kemudian dia bercerita tentang rencananya untuk pensiun. 
Dalam dua tahun kedepan dia hendak pulang ke kampung halaman. 
"Weeeehhh.... Wuelloook tenan, Hebat tenan iki".
Ini sudah menyaingi master plan dari teman saya Juragan Gurameh, ST yang paling suka maido itu. Menurutnya sudah cukup lah, anaknya sudah nyaman di Kanada. Sudah waktunya bagi dia untuk menikmati perikehidupan di kampung halaman. 
Kemudian saya jadi berpikir. Lha kalau planning saya bagaimana ? 
Mongsok saya ndak punya planning, seperti Juragan Gurameh, ST teman saya yang luar biasa itu ? 
"Weleeeh .... sik ... sik ... jadi begini, planning saya itu adalah ... nganu.. Emmm .... emmm ... wis pikir nanti saja".

Nampaknya dia itu sangat mengidolakan Bunda Teresha. Atau Gandhi. Saya mengenalnya sudah satu tahun ini. Dia itu tetangga saya. Namanya Pak Fernando. Dan dia adalah tetangga yang baik. Dan tetangga yang baik adalah rezeki. 

Alhamdulillah.  

Mudah-mudahan bila benar dia meninggalkan Oman lebih dahulu dari saya, semoga Alloh berikan tetangga yang sama baiknya atau lebih baik lagi. 

Al Khuwairiyah, Majis, Falaj Al Qabail, Sohar, Oman
14 Januari 2023
Simon Dinomo


Tidak ada komentar:

Posting Komentar