Selasa, 21 Maret 2023

Belajar Angka Bahasa Arab

 وَاحِدٌ 

وَاحِدٌ رَبِّيْ أَحَدْ  وَاحِدٌ فَرْضٌ صَمَدْ

Rabb yang ahad, wahidun fardhun shomad

إِثْنَانِ

إِثْنَانِ لِيْ عَيْنَانْ  وَلِيْ أَيْضً يَدَانْ

Dua : saya punya sepasang mata, dan punya sepasang tangan

ثَلَاثَةُ

ثَلَّاثَةُ عَصَافِرْ تَشْدُوْ وَتُغَرِّدْوَتَطِيْرْ

Tiga : ada tiga ekor burung bernyanyi dan berkicau kemudian terbang

أَرْبَعَةٌ

إِثْنَانْوَإِثْنَانْ لِيْ أَخَانْ وَ لِيْ أُخْتَيْنْ

Empat : Dua dan dua, saya punya dua saudara laki 2x dan dua saudara perempuan

خَمْسَةٌ

خَمْسَةٌ أَصْبَعُ اليَدَيْ خَمْسَةٌ رَقْمٌ فَرْدِيْ 

Lima : Lima buah jari tanganku, lima itu angka yang tunggal

سِتَّةٌ

سِتَّةٌ أَصْحُوْ لِدَرْسِيْ سِتَّةٌ أَهْدَمُ نَفْسِيْ

Enam : Pukul enam saya bangun untuk belajar, pukul enam saya siapkan diri

سَبْعَةٌ

سَبْعَةٌعُمْرِيْ سَبْعَةٌو  سَبْعَةٌ سَمَوَاتٍ سَبْعَةٌ

Tujuh : Umurku tujuh tahun, ada tujuh lapis langit

ثَمَانِيْةْ

ثَمَانِيْةْ أَبْوَابٌ الجَنَّةْ نَدْخُلُوْهَالامَعَ مَنْ يَسْمَعُنَا

Delapan : Ada delapan pintu surga, kita masuk bersama orang yang mendengar nasyid ini

تِسْعَةٌ

تِسْعَةٌحَمَلَتْنِيْ أُمِيْ تِسْعَةٌأَتُبُهَا بِقَلَمِيْ

Sembilan : tujuah bulan ibu mengandung, sembilan kali saya menulisnya dengan pena saya

عَشَرَةٌ 

خَمْسَةْ وَخَمْسَةْ  عَشَرَةٌ أَقْرَاإِ فِيْ القِصَّةْ

Sepuluh : lima ditambah lima, sepuluh saya bacakan dalam kisah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar