Rabu, 15 Maret 2023

Nyang-Nyangan.....!

Nyang-Nyangan itu dalam bahasa indonesia namanya Negosiasi. Biasanya antara penjual dan pembeli. Secara alami kedua pihak itu berada pada kutub yang berbeda. Si penjual pengen harga semahal-mahalnya. Si pembeli pengennya harga yang semurah-murahnya. Terus piye iku cobo ? 

Nyang-nyangan itu jarang terjadi di Mal-Mal atau Cafe-cafe. Pokoknya tempat-tempat yang kiranya elite, Nyang-nyangan menjadi tidak berlaku. Justru ketika belanja di pasar, atau di warung-warung kecil, atau di penjual sayur keliling Nyang-nyangan itu dipraktek-kan. 
Kok bisa begitu saya juga tidak tahu. 

"Hello... dengan Mister Simon saya berbicara ?"
'Iyes, Ser... betul sekali...'
"Ok Mister Simon ... kita punya penawaran buat sampeyan. Kira 2x segini mau apa tidak ? Itu range maksimal yang bisa kita beri"
'Weeeh yo mengko disik yo Seer, biar saya pikir-pikir dulu...!'
"Yo wis minggu depan saya telpon lagi..."
'Iyes, Ser.... silahkan ditelpon lagi besok-besok yaa'

Dan ketika satu minggu sudah berlalu, telepon saya berbunyi lagi. 
"Hello.... Mister Simon...Piye sampeyan OK apa ndak ? "
'Waaah...Ser, saya ndak OK, saya belum OK'.
"Welhoo... piye tho Mon, lha terus gimana maunya Mon ?"
'Maunya kalo bisa ya agak lebih Ser'.
"Woalah Mon...Mon... pengennya kok Lebiiih...lebiih...terus. Yo wis biar saya rembuk dulu"
'Iyo Ser, monggo silahkan dirembuk dulu'.

Begitulah terakhir kalinya saya bernegosiasi. Yang mana saya sebagai penjual, didekati oleh pembeli. Kalo saya bisa menekan pembeli untuk membeli dengan harga semahal mahalnya kemenangan ada di saya sebagai penjual, sedang si pembeli nggedumel karena kemahalan atau malah tidak jadi membeli. Lha wong mahal jeeeh Luuuuurrr. 
Sebaliknya kalau pembeli mendapatkan harga yang murah, kemenangan ada di pembeli, dan tentu saja bagi saya sebagai penjual bisa saja rugi, atau impas, atau untung tapi cuman sedikit. 

Lumrahnya yang dicari orang adalah kemenangan, yang artinya harus ada pihak yang nggedumel lantaran kemenangannya itu. 
Mudah-mudahan negosiasi saya tidak begitu. Seandainya tidak jadi, tidak mengapa. Seandainya jadi semoga kedua belah pihak tidak sampai ngedumel, kedua belah pihak bisa merasa menang bareng-bareng. 

Ngono yooo Ser...! Ok tho Ser ... Mongsok nggak OK Ser ?
Menang bareng-bareng kita yo Seer ?
Ora sido ora popo ... ! Sik penting jangan sampai ada yang ngedumel. 

Majis, Sohar
16 Maret 2023
Simon Dinomo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar