Kamis, 30 Maret 2023

Luuur...Piye kabare Luuur ?

"Hello ...! Sodara Simon. 
Sudah cukup lama kita tidak bertemu..!"

Whelhadalah... saya disapa lagi oleh sodara Flu. 
Caranya dalam menyapa saya selalu unik. Pada hari sabtu dini hari, ketika saya terbangun untuk sahur. Tenggorokan saya terasa sakit, selang beberapa jam hidung akan mulai mampet disertai dengan meler-meler. 
Lha terus tenggorokan, suaranya menjadi bindeng tidak karuan. 
Lha terus sabtu malamnya hidung jan mampet...pet...pet sampai susah untuk tidur. 
Menjelang sembuh biasanya akan batuk-batuk sedikit. Kira-kira semua tahapan-tahapan itu akan berlangsung selama satu minggu full. 

"Luuur... dimana kamu beberapa hari kok tidak kelihatan ? "
Paman harun bertanya kepada saya. 
"Weleh paman... nganu saya baru dikasih Fluuu...!"
"Weladhalah ... yo wis saya buatkan teh sulaimani tak tambahi lemon, ndak usah bayar."
"Weeeeh jiaaan..masyaalloh wuelloook tenan".
Semoga Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang yang membalas kebaikan beliau. 

Sodara Flu itu bisa dibilang sodara yang dekat. Semenjak saya lahir sampai sekarang, dia menyapa saya mungkin sudah melebihi dari umur saya. 
Sodara Flu paling tahu saat saat saya kecapekan, atau kurang istirahat, atau telat makan, atau sedang banyak pikiran. 
Saat - saat begitu langsung saja : 
"Luuur... Piye kabare luuur ...!"
Weh sudah seperti kebiasaan saya dan kawan-kawan saya ketika ada yang baru liburan di Indonesia. 
"Luur.... piye kabare luuur ?"
"Ape Luuur.... kok tumben nakok nakok kabar.. mau nitip apa ? "
"Matur nuwun yaa Luuur...!"
"Walaaah Luuur... luuur kalo sedang butuh saja nanya nanya kabar".
"Jangan begitu lah luuur... arane sedulur jeeeh".
Dan begitulah yang dititipi tentu akan nggremeng di belakang. Walaupun tidak ada yang cerita sama saya.
Lha wong sudah pusing mikirin bawaannya sendiri dan keluarga bagi mereka yang membawa keluarga. Masih ditambah lagi beban tambahan. Yaa mudah-mudahan dikasih pahala yang banyak. 
Dan bagi yang nitip tetap akan lebih mengutamakan kebutuhannya sendiri. 
Asal tidak kriminil saja, wong namanya sedulur yaa harus saling gantian. 
Yang kriminil itu kalau sedang punya kebutuhan tidak perduli bila harus merepotkan temannya. Giliran bila dia yang dapat giliran untuk direpotkan, mundur teratur biar tidak kerepotan. Wis pokoknya diam-diam biar tidak ada yang tahu kalo lagi liburan. 

Akhir-akhir ini saya memang lagi banyak pikiran. Lha wong tiba-tiba ada tawaran, mau tak tolak kok eman-eman. Mau tak ambil tapi kok ya memeng sekali buat pindahan lagi. 
Begitu ada kabar gembira soal bonus kemarin siang. Semuanya bergembira. 
Saya katakan pada saudara Flu : 
"Alhamdulillah sodara... yang dinanti-nanti mau cair. Wis kamu tidur lagi dulu yaa. Yang lama tidurnya."


Jum'at, 31 Maret 2023
Liwa
Simon Dinomo
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar